Partitur 2011

Image

Rasanya, sulit meniup harmonika untuk sekedar meriangkan kalbu. Malah, tidak jarang meniup harmonika tanpa ketulusan dengan ketergesaan, membuat nada minor-false yang sangat sumbang,, membikin frustasi semua yang mendengar.

Tanganku gemetar menggesek violin tua itu.
Pelan, nada sumbang.
Agak keras, false.
Keras!,kupingku sakit.
Dalam suasana apapun, aku tetaplah seorang amatiran penggesek violin, apalagi cello, atau double bass?!?
Argh, semua itu mimpi buruk!

Well, ada warna tertentu dalam sebaris partitur yang membuatku tersenyum kegirangan, tapii tak jarang Dia membuatkanku partitur berisi kehidupan yang kacau. Yang tersenggal-senggal seperti orang kena asma yang bermain saxophone atau kram tangan yang mendentumkan drum. Yang jelas, dengan bermacam jenis partitur dalam kehidupan, aku tak pernah takut memulai setiap kisah di dalamnya. Yang kacau, akan kutata sampai teratur,meski peluh membanjiri tubuh dan otakku.
Yang penuh luka lara, biar kuobati dengan jamu-jamu temuanku. Meski ku gesek violin yang tua dan jelek (kata orang) namun aku jaga perkusi2 itu sepenuh hati, karena mereka adalah sukmaku, karena mereka adalah penaku dalam menulis di partitur kehidupan ini.

Terkadang,,
‘mereka’ membuatku ingin berteriak saja. Setidaknya ‘mereka’ bisa melepaskanku dari hentakan drum, sayatan biola, melodi piano, partitur yang membutakan! Tidak ada yang dicres # atau mol b, tak ada kunci G, C, F, tak mungkin ada ketukan salah, maupun nada false dengan nada dasar G-bass–aku merindukan kebebasan menjadi diri sendiri.
Aku membenci improvisasi, tidak menginginkan Glissando, bukan Alegreto, do= C, Grave, Andante.

Mungkin aku hanya bisa Casaba Lible Wood yang akan membangunkan ayam-ayam berisik itu sebelum pukul 12 malam.

Anyway, aku benar-benar merindukan alam bebas, memotret meski dengan Nokia 5200
yang masih VGA ini. Atauuu- sekedar berada di pojok perpustakaan dengan bertumpuk-tumpuk buku di dekatku,menyelami setiap halaman yang ada, membangunkan imajinasi terliarku.

Hei Partitur Kehidupanku, di mana musik klasikku? Malam ini aku ingin pergi sejenak mengunjungi masa lalu..

Leave a Reply

